Brighter Future is Postponed Until Further Notice. Or Not Really.

Brighter Future is Postponed Until Further Notice. Or Not Really.

Rabu, 8 April 2020. Family quarantine, day.. keberapa ya ini? Dua minggu? Tiga minggu? Rinjani resmi sekolah di rumah sejak 16 Maret. Berarti ini minggu ke-4 ya?

Jadi apa kabar? Udah ngapain aja 3 minggu ini? Udah sebosan itukah sampe harus balik nulis-nulis gapenting lagi di blog debuan ini? Ahahah.

3 minggu ini kita sekeluarga termasuk yang beruntung bisa diem aja di rumah, sesuai anjuran pemerintah dan WHO. Alhamdulillah. Nyanya dan anak-anak beneran di rumah aja ga keluar-keluar sama sekali. Saya minggu pertama masih ke kantor sesekali, dan sempet beberapa kali belanja ke supermarket juga. Sisanya, yaudah aja di rumah. Enak dong, jadi punya banyak waktu buat ngapa-ngapain?

Hhmm.

Jawaban singkatnya; harusnya iya, tapi kenyataannya engga.

Jawaban panjangnya, mari kita bahas.

Jadi karena ini dalam rangka menekan penyebaran wabah, maka yang diem di rumah bukan cuman kita sekeluarga aja, tapi termasuk si mbak juga, yang selama ini jam kerjanya di rumah itu udah kaya orang kantoran, dari pagi sampe sore senin sampe jumat. Karena ngga tinggal serumah, jadi Mbak terpaksa kita liburkan sementara tapi tetep digaji full. Soalnya kan sama juga boong kalo kita diem di rumah sementara mbak masih bebas keluar masuk dan pecicilan ke mana-mana.

Kebayang kan, mbakless tapi ga bisa keluar rumah. Artinya, selain pekerjaan domestik standar semacam nyuci-nyuci dan beberes, kita juga harus bahu-membahu masak juga, biar ga keseringan order makanan dari luar. Selain itu, yang paling melelahkan, tentunya ngurusin si Pulau Kecil, yang sekarang udah bisa kabur, nolak makanan, dan membuat berbagai huru-hara lainnya. Super lasak pokoknya bayi satu itu.

Ngomong-ngomong soal Gili dan huru-hara, kayanya sejak dua tahun terakhir urusan kita kayanya ga jauh-jauh dari dia deh. 2018, Nyanya hamil Gili dengan segala drama sungsangnya. 2019 lebih parah lagi. Intronya aja udah aneh, awal tahun diawali dengan staycation sekeluarga di rumah sakit karena kakak kena demam berdarah berbarengan dengan Gili lahir. Sisanya sepanjang 2019 itu antara excited sekaligus huru-hara ngurusin bayi, dan berbagai persoalan hidup lain yang mendadak muncul silih berganti kaya ga ada abisnya.

Persoalan 2019 itu, di satu sisi kita butuh biaya ekstra buat keperluan bayi, tapi di sisi lain, si bayi juga bikin kita ga bisa punya banyak ruang gerak buat nutup biaya ekstra itu, dan di sisi lainnya lagi, banyak pengeluaran-pengeluaran mendadak yang turut memeriahkan suasana, semacam mobil yang berkali-kali harus ganti spareparts yang mahal banget lah, rumah yang mendadak perlu maintenance-lah. Yang ga kalah memperkeruh suasana, kondisi kesehatan si mbak yang jauh menurun. Hampir sepanjang tahun ada aja musibah yang bikin mbak berkali-kali harus libur panjang, dan sebaliknya malah kita yang jadi harus mengeluarkan biaya dan waktu ekstra buat mbak berobat, terapi, dan segala macem. Dan tentunya, mbakless berarti ya nyuci lagi, masak lagi, beberes lagi. Babak belur deh pokoknya.

Memasuki 2020, saya dan nyanya sudah berikrar, pokoknya resolusi 2020 kita cuman satu; meningkatkan kualitas hidup demi masa depan yang cemerlang.

Jiye banget ga? Emang kalo abis babak belur, orang jadi mendadak puitis dan wise yah? Ahahah.

Tapi sebenernya yang kita maksud dengan meningkatkan kualitas hidup itu bukan yang susah-susah sih. Sesimpel ngebiasain pake case buat nyimpen kacamata, ngebiasain ngasih tip buat mamang gojek, lebih banyak berkunjung ke rumah temen dan atau sodara, lebih sering nanya kabar ke orang-orang, yang gitu-gitu deh. Ada juga yang muluk-muluknya, tapi gausah dibahaslah. Intinya, kita pengen lebih hepi dan content di 2020 ini. Ngga mau grasa-grusu nyari duit, atau ngotot pengen begini begitu. Pokoknya kalem namun berkualitas. Apeu. Pokoknya gitulah. Mungkin kaya yang suka dibahas orang-orang pinter di Instagram atau di buku-buku yang suka ada di Periplus tentang slow living, atau apalah itu.

Januari 2020 menandai setahun Gili. Sekaligus jadi bulan yang (masih) melelahkan. Sebagian karena masih dalam rangka membereskan sisa-sisa huru-hara 2019, salah satunya harus maintenance rumah yang bikin stres luar biasa. Tapi walaupun super capek dan super stres, saya sama nyanya masih bisa agak tenang, karena resolusi masih on track. Maintenance rumah kan termasuk dalam rangka peningkatan kualitas hidup untuk menyongsong masa depan cemerlang yakaan? Okesip.

Masuk februari, urusan pertukangan beres, mbak alhamdulillah udah ga sakit-sakitan lagi, saya dan nyanya moodnya lagi bagus banget. Asli tuh sepanjang Februari kemaren kita kaya membayar ketidakproduktifan (?) kita sepanjang 2018-2019. Ini juga berkat campur tangan Yang Di Atas sih. Alhamdulillah sejak beberapa bulan terakhir ada aja proyek desain yang dateng ke kita. Seperti biasa, yang kita terima cuman proyek-proyek dari temen-temen yang udah ngerti banget cara kerja kita yang ‘ga profesional’ alias dikerjainnya kapan sempet tergantung mood ahahah. Jadi Februari kemaren semuanya kita kebut. Proyek kolaborasi, commissioned, ina-itu banyak banget. Sebagian udah ada beberapa yang rilis, sebagian lagi masih on-going atau postponed. Beneran kaya balas dendam yang direstui Tuhan gitu. Tapi dendamnya bukan karena ngotot cari duit, tapi lebih karena moodnya bagus, jadinya bisa produktif berkarya.

Maret, selain ngegas di urusan kerjaan, masih dalam rangka merealisasikan resolusi 2020, nyanya juga akhirnya memantapkan diri ikut Yoga teacher training, setelah maju mundur dari tahun lalu. Itu tuh kelas intensif untuk jadi instruktur Yoga. Jadi kalo lulus (saya yakin lulus lah), Nyanya bisa jadi instruktur yoga yang bersertifikat. Kelas intensifnya udah selesai awal Maret kemaren. Sekarang tinggal bikin semacam tesis atau tugas akhir dan yoga diary gitu. Jadi disuruh ngajar yoga berapa kelas gitu trus nanti ditulis.

April ini, setelah dua tahun #rinjanibirthdaytrip di dalam negeri, kita rencananya mau jalan-jalan nyamperin om Bubu yang sekarang tinggal di Jepang. Sebenernya ini rekues Rinjani dari lama. Dia pengen banget birthday trip ke Jepang. Kebetulan pas banget beberapa bulan lalu om Bubu pindah ke Jepang. Pas pula om Yohan bisa ikut lagi tahun ini. Om Booi sih gausah ditanya. Jadi yaudah, kegilaan #heyNZ udah hampir pasti terulang kembali. Dari beberapa bulan lalu kita semua udah kasak-kusuk beli tiket pesawat, beli JR Pass, booking Airbnb, berantem nyusun itinerary blablabla seru pokoknya.

Walaupun isu-isu Corona mulai santer, kita excited banget. Ritmenya lagi enak soalnya. Di sela-sela nganterin Rinjani sekolah dan berbagai kegiatannya yang banyak banget itu, walaupun sambil ngangkut Gili yang super lasak, saya dan nyanya bisa mampir kesana kemari buat beresin kerjaan atau meeting sama klien. Alhamdulillah banget, kerjaan mengalir terus. Ada aja yang tau-tau mesej ngajakin meeting. Lagi-lagi, ini bukan masalah uang, tapi lebih ke produktivitas berkarya dan aktualisasi diri. Kan judulnya hidup berkualitas yakan? Tanpa bermaksud sombong atau takabur, selama ini The Babybirds itu buat kita memang selalu jadi proyek aktualisasi diri aja, belum jadi pemasukan utama.

Pokoknya perfect lyfe bangetlah. Persis seperti yang saya pengen. Resolusi 2020 on track. Masa depan cemerlang, here we come!

Sampe akhirnya mendekati pertengahan Maret kemaren, semuanya mendadak ambyar. COVID-19 menjegal resolusi kita. Mungkin resolusi semua orang juga.

Sekolah diliburkan. Kantor tutup. Toko tutup. Kita semua ga bisa keluar rumah. Mbak juga terpaksa diliburkan.

Ambyar seambyar-ambyarnya.

Kaya lagi enak-enaknya main di luar, trus diteriakin emak disuruh pulang trus mandi. Kaya lagi main layangan trus tau-tau ujan. Kaya lagi.. ah sudahlah.

Jadi buat saya dan Nyanya, drama #dirumahaja ini bukan sekedar masalah mendadak harus masak, nyuci, dan ngepel. Tapi juga masalah semangat yang mendadak hancur. Masalah mood yang lagi enak-enaknya trus tiba-tiba amburadul. Masalah rencana yang terpaksa batal. Ya pasti ini masalah semua orang juga sih.

Lebih jauh lagi, buat saya yang ga kalah mengerikan adalah, ngebayangin gimana ancurnya ekonomi sama industri setelah ini. Dan gimana panjangnya proses recovery-nya nanti. Iya kalo bisa recovery, kalo ancur dan makin ancur terus? Ga usah mikirin ekonomi dalam skala besar dulu deh. Industri kecil-kecilan kita aja. Brand-brand indie-nya temen. Coffee shop favorit. Tempat makan langganan. Kasarnya, kalopun sekarang kita survive dari virusnya, apa iya kita bisa survive dari dampaknya jangka panjang nanti? Haduh stres ngebayanginnya aja. Balik bahas persoalan keluarga lagi aja deh.

Saya sih ga nyalahin siapa-siapa. Ngga sebel sama takdir juga. Semuanya kan sudah ada yang ngatur. Toh kalopun kmaren itu kita semangat, moodnya bagus, virusnya ga ada, tapi kalo Tuhan ga mentakdirkan kita untuk dapet job desain, ya percuma juga toh? Jadi yaudah aja, emang udah jalannya begini. 

Cuman tetep aja gaenak banget rasanya. 

Makanya karena memang kebetulan kita jadi mendadak super sibuk nyuci-ngepel-nguber Gili yang kabur, kita jadi ada alesan untuk mendadak ga produktif. Bahkan kemaren waktu ditawarin berpartisipasi di acara live streaming workshop nganu-nganu itu, kita akhirnya menolak. Selain waktunya emang agak susah, kitanya juga kaya not feeling it. Entah deh, semoga ada yang ngerti apa yang kita rasain.

Sedih ya? Bingung mau sedih sama yang mana saking banyaknya. Pokoknya menyedihkan aja situasinya. Baca berita sedih. Liat mamang gojek tetep harus kerja sedih. Liat toko-toko pada tutup sedih. Liat kita sendiri yang ga bisa ngapa-ngapain buat bantuin, makin sedih lagi. Pokoknya sedih aja semua.

Ada juga sih hal-hal bagus yang perlu disyukuri. Misalnya sekolahnya Rinjani yang memang sudah menerapkan metode belajar online dengan bantuan Google environment dari dulu, jadi begitu mendadak harus belajar dari rumah, semuanya sudah siap. Anak-anaknya, guru-guru, dan para orang tua udah ga perlu beradaptasi lagi. Bahkan minggu depan katanya bakalan tetep ada ulangan online.

Hal lainnya, alhamdulillah proses refund semua tiket dan booking buat #rinjanibirthdaytrip yang gagal, berjalan lancar ga ada drama yang berarti. Dana dikembaliin 100% dan prosesnya ga ribet. Trus kita sekeluarga jadi lebih deket pastinya. Harry Potter marathon tiap malem, ngafalin lagu bareng, bikin-bikin cemilan absurd bareng, dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Dan semakin diinget-inget, sebenernya banyak hal positif yang udah dan masih bisa kita lakuin dalam situasi karantina ini.

Jadi gimana? Mau sedih-sedihan aja terus?

Setelah 3 minggu family quarantine, akhirnya kemaren itu kita memutuskan untuk mengijinkan mbak kerja lagi. Itu setelah kita mastiin dia juga self-quarantine di rumah 2 minggu terakhir. Trus prosedurnya standarlah, dateng ke rumah langsung mandi, rajin cuci tangan, dan kalo pulang ke rumahnya juga ga mampir-mampir dulu ga boleh ketemu orang.

Mbak kembali bantuin, artinya kita pun mulai pelan-pelan bisa napas. Nyanya lanjut ngajar yoga online buat mengejar Yoga Diary-nya. Rinjani masih dengan ‘kehidupan baru’-nya di Google Hangout. Gili masih kekeuh pengen kabur keluar rumah nguber kucing kampung. Kerjaan yang pending pelan-pelan dikerjain lagi. Dan lagi-lagi, pas banget kita baru mulai kembali bangkit, pas pula tangan Yang Di Atas bergerak ngasih kita kerjaan baru lagi kemaren. Ya Allah.

Jadi yagitudeh.

Mengeluh sih gampang banget ya? Padahal kalo dipikir-pikir, saya dan Nyanya termasuk yang sangat beruntung bisa punya pilihan untuk ga ngapa-ngapain di rumah. Sehari-hari persoalannya cuman nyuci baju dan piring yang ga ada abisnya, beberes sesekali, gantian megangin Gili yang ga bisa diem bikin spaneng, dan perdebatan nanti malem mau GoFood apa. Lah sementara di luar sana apa kabar buruh harian yang kalo bolos sehari sama dengan ga makan sehari? Apa kabar mamang siomay depan sekolahannya Rinjani yang kalo sekolah libur dagangannya jadi ga ada yang beli? Apa kabar pak satpam yang tiap hari harus ketemu puluhan manusia? Sebulan dua bulan ke depan sih mungkin masih aman. Orang-orang masih euphoria donasi ina-itu, gerakan kemanusiaan, solidaritas blablabla, tapi bulan-bulan berikutnya kalo para donatur mulai seret juga, gimana?

Kangen banget sebenernya sesi sarapan bareng Nyanya sambil brainstorming soal desain di tempat sarapan favorit. Tapi mungkin kualitas hidup bukan di situ. Bukan sekarang. 

Mungkin kualitas hidup ada di rumah, bikin-bikin cemilan absurd bareng Rinjani. Kualitas hidup mungkin ada di sesi brainstorming desain di tempat tidur lalu mendadak jantung copot ngeliat Gili manjat jendela sampe hampir nyungsep keluar. Kualitas hidup mungkin ada di saat kita curi-curi waktu bantuin mamang tukang somay jualan dagangannya via online. Kualitas hidup mungkin donasi-donasi kita yang ga seberapa.

Saya jadi inget salah satu ajaran almarhum uwak Landjanun; “Solat dan berzikir dengan khusuk di mesjid sendirian, yaiyalah semua orang juga bisa. Sana cobain solat dan berzikir di tengah pasar, kalo tetep bisa khusuk itu baru hebat!”

Menyongsong masa depan cemerlang dalam situasi ideal, easy peasy kalo kata Rinjani. Menyongsong masa depan cemerlang di tengah wabah, nah itu baru menantang.

Jadi mau ditunda apa engga, masa depan cemerlangnya?

2 responses to “Brighter Future is Postponed Until Further Notice. Or Not Really.”

  1. […] tulisan Ing di blog The Babybirds dengan judul BRIGHTER FUTURE IS POST ini terasa sangat mewakili perasaan. I can […]

  2. Terima kasih masih menjaga blog ini di tengah gempuran media sosial, walaupun sepertinya sudah jarang di update.
    saya mengikuti sekali sekitar tahun 2012-2014an. Malam ini tiba-tiba saya rindu sekali blog ini dan mencoba dengan keras mengingat namanya, Alhamdulillah ketemu di bookmark.
    tetap semangat dan tetap menginspirasi.

Leave a Reply

Discover more from The Babybirds Family

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading