Kokedama Workshop di Teras Sehati

Kokedama Workshop di Teras Sehati

Wiken kmaren, lagi-lagi kita diajak ngadain workshop oleh Pustakalana Library. Setelah minggu lalu workshop macrame, minggu kmaren giliran workshop membuat kokedama.

Workshop kokedama ini bagian dari Teras Sehati, acara tahunan yang diinisiasi oleh Komunitas Organik Indonesia (KOI) chapter Bandung. Acaranya diadain di Butterfield Kitchen dan Co&Co Working Space. Bisa kebayang kan ya, acaranya penuh dengan produk-produk organik. Selain itu juga ada kegiatan-kegiatan seru, semacam workshop membuat tempe, workshop shibori, dan workshop kokedama. Tadinya bakalan ada workshop gamelan juga, cuman sayang batal karena pesertanya kurang.

Workshop Kokedama ini jadi rangkaian acara terakhir. Jadi mulainya udah menjelang sore. Pesertanya, seperti yang sudah diduga, sebagian ibu-ibu, sebagian lagi mba-mba. Pokoknya perempuan semua. Agak aneh sih, kenapa ya cowo-cowo pada males ikut acara beginian. Padahal kan seru.

Berhubung berdasarkan pengalaman kita kalo bikin kokedama itu cuman sebentar sementara durasi workshopnya 2 jam, jadi saya sama nyanya sempet kebingungan, nanti mau diisi apa aja ya? Akhirnya setelah ngobrol sama Chica dari Pustakalana, kita sepakat mau bikin slide presentasi gitu. Isinya cerita-cerita soal kokedama.

Ternyata prosesnya ga sesebentar yang kita bayangin. Dari yang rencananya masing-masing peserta mau bikin dua kokedama, jadinya cuman satu. Dari yang ketawa-ketawa ceria, sampe mumet dan stres tingkat tinggi nempel-nempelin spaghnum moss-nya. Belom lagi pas bagian melilit pake tali.

Kocak sih. Mereka belajar cara bikin kokedama, saya dan nyanya belajar gimana caranya berbagi ilmu ke orang-orang. Belajar jadi guru. Ternyata ga segampang yang dibayangin loh. Ngga cuman dari segi cara penyampaian, tapi juga stamina. Gilak, workshop cuman 2 jam aja, capeknya udah kaya sepedaan 50 km *sungkem sama para bapak dan ibu guru yang bisa kuat berdiri di depan kelas dari pagi sampe sore*

img_6979

img_6971

img_6978

Walaupun ngga rame (untung ga rame sih), tapi pesertanya seru-seru semua. Jadi walaupun mumet ngiket-ngiket benang, tapi tetep ketawa-ketawa.

Ternyata bener yang suka ditulis-tulis orang di inspirational quotes itu, semakin banyak kita mengajar, semakin banyak pula kita belajar. Selain ketemu orang-orang baru, saya juga belajar banyak dari workshop-workshop ini. Makasih Chica dan Pustakalana Library buat kesempatannya. Semoga Chica ga kapok sih ngajakin kita, soalnya udah dua kali workshop, dua-duanya bikin dia mumet berurusan sama benang kusut ahahahah.

img_6994

 

Leave a Reply

Discover more from The Babybirds Family

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading