Hello (Again) World!

Hello (Again) World!

Lol, hehe.

Buat yang ga paham, ‘Hello World!’ itu adalah judul default first post-nya WordPress dari jaman dulu. Gatau sekarang masih apa ngga, pokoknya jaman dulu kalo kita baru bikin blog atau baru install WordPress, pasti otomatis muncul template postingan pertama yang judulnya ‘Hello World!’.

Jadi ceritanya judul postingan ini tuh internal joke anak WordPress lama yang setelah sekian lama ngilang akhirnya kembali ngeblog, dan kembali ke WordPress. So, Hello again world!, gitu. Jadi ga rame yah kalo becandaan dijelasin?

Kalo diliat di archive, kita pertama kali posting di blog ini tuh Desember 2006. Waktu itu nama blognya masih www.babybirdwithasmellysmellydumdum.com (silakan dicoba sendiri, domainnya masih aktif loh, tapi tolong gausah dibahas kenapa namanya jayus begitu ya?) sebelum akhirnya kita ganti nama jadi thebabybirds.net sampe sekarang. Berarti, Desember nanti ini blognya sweet seventeen, woww! Bener brarti yaa udah bisa dibilang anak WordPress lama? Not that we’re proud of it siih, emang dasar udah tua ajaa.

Desember 2006 itu kalo berdasarkan dokumentasi WordPress versions history, WordPress masih versi 2.0.5 tuh waktu itu. Sekarang WordPress terbaru itu udah versi 6.3.1, brarti kita udah ngelewatin puluhan bahkan mungkin ratusan version updates, dengan berbagai fitur barunya yang kadang semakin oke tapi ga jarang juga bikin mumet dengan segala drama bugs & errors-nya. Dari yang idealis banget pengen ngulik bikin theme sendiri sampe akhirnya tambah mumet trus nyerah dan pake theme gratisan dan ujung-ujungnya upgrade ke theme premium untuk mengurangi stres. Belum lagi persoalan coba-coba berbagai macam plugins ini itu hadeeh.

Yang bikin mumet itu seringnya karena kita selama 17 tahun terakhir ini pake WordPress di host sendiri, jadi kalo ada apa-apa ya harus urusin sendiri. Mentok-mentok ngadu ke contact support hosting provider-nya, yang belum tentu paham soal hal-hal spesifik WordPress.

Makanya, bertepatan dengan sweet seventeen ini (ciye disambung-sambungin aja padahal), pas banget kepikiran untuk kembali ngeblog, kita memutuskan untuk sekalian aja hijrah seutuhnya ke haribaan wordpress.com. Jadi ngga cuman pake engine WordPress aja, tapi juga sekalian nge-host di wordpress.com. Dengan nge-host di wordpress.com, paling ga source files WordPress-nya kan asli dari mereka ya, udah ga mungkin error lagi tuh. Kalo butuh fitur-fitur tertentu ada beberapa pilihan paket yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari personal, premium, business dll, saya ga hapal sih, coba baca sendiri aja di sini. Kalo ada apa-apa tinggal ngadu ke Happiness Engineer-nya. Stress-free pokoknya.

Kebeneran kita tuh punya beberapa temen yang kerja di WordPress, salah duanya adalah Kapkap dan Hafiz. Mereka berdualah yang membimbing (baca:ngomporin) saya ke jalan yang benar.

Sumpah ya, saya tuh udah ngurusin berbagai WordPress-powered websites dari jaman kuda kepang, dan ga sekali dua kali urusan pindah-pindah blog ini, bahkan pernah harus export-import ratusan blog entries manual satu-satu berdasarkan kategori dan bulan/tahun saking ribetnya. Kemaren, pas mindahin blog thebabybirds.net dari host lama ke host yang baru di wordpress.com, kaya yang.. cruut! Gitu doang. Ga nyampe 10 menit deh. Ada sih problem sedikit, beberapa media ga ikut kebawa pas proses migrasi dan akhirnya dibantuin sama Kapkap mindahin pake ilmu mejiknya sebagai Happiness Engineer di WordPress, tapi itu minor banget lah.

Selain proses migrasi yang surprisingly sekarang sangat gampang dan cepat, saya sebagai makhluk purba sempet dibikin mangap gede pas ngulik dashboard barunya WordPress dengan segala teknologi Guttenberg editing dan block editor nganu-nganunya. Buat saya yang selama ini kalo mau ganti warna teks aja harus ngubek-ngubek source code CSS, theme editor yang sekarang itu berasa kaya teknologi alien jadinya. Wew, emang terakhir login WordPress kapan sih?

So, this blog is now officially and proudly powered by WordPress. Kok bisa-bisanya setelah bertahun-tahun puasa ngeblog trus ujug-ujug “powered by WordPress”? Ya gatau, tanya WordPressnya aja kok mau :))

Tapi in all seriousness, we miss telling stories. Kita berdua kan emang seneng bercerita ya. Kita sama-sama hobi membaca dan menulis. Dan yang lebih krusial, dulunya blog ini penting banget buat keperluan arsip dan dokumentasi.

Beberapa minggu lalu, waktu merencanakan perjalanan ke Jogja untuk workshop Road to Gulali Festival, kita sempet kesulitan nginget waktu tempuh dari A ke B di Jogja, padahal udah pernah.

“Dulu perjalanan dari Kemiri ke situ berapa lama ya?”

Duh ga inget lagi. Sekitar 1-2 jam gitu kali ya?”

“Ga ditulis di blog siih! Kita harus ngeblog lagi nih biar inget yang gini-gini..”

“Iyaa, jelas-jelas kita sama-sama pelupa..”

“iyaiyaa bener, aku mau ngeblog lagi ah!”

Ya gitu deh awalnya kemaren itu, makanya kita kepikiran untuk ngeblog lagi.

Trus kalo emang hobi dan perlu, kenapa dulu brenti ngeblog?

Nah ini pertanyaan simpel tapi ternyata susah ngejawabnya. Soalnya lumayan kompleks, sampe kita bingung sendiri alesan yang sebenernya itu apa. Yang pasti sih gabungan dari berbagai situasi dan kondisi yang saling mendukung untuk ngejauhin kita dari blog ahahah. Salah satunya, kondisi jamannya yang emang udah berubah. Siapa sih yang masih baca blog hari gini? Trus siapa juga yang masih ngeblog hari gini? Itu tuh kaya ayam sama telor ga sih? Ga jelas mana yang duluan, blogger ngilang karena ga ada yang baca atau pembaca ngilang karena ga ada lagi blog yang bisa dibaca :)) Yang jelas semua orang sepakat sekarang tuh jamannya media sosial. Sharing foto di feed dan stories di Instagram jauh lebih simpel daripada ngeblog panjang lebar. Bahkan bisa microblogging juga di Instagram atau platform lain, kalo mau.

Trus seiring dengan jaman yang berubah tadi, waktu luang kita juga semakin ga luang. Fokus juga semakin terbagi. Dan ga bisa dipungkiri, gong terbesarnya adalah.. suasana dunia maya yang makin lama berasa makin ga kondusif. Saya bingung gimana ngejelasinnya biar bahasanya enak buat semua orang ahaha. Intinya, berbagi (cerita, opini, pemikiran, gagasan etc) di dunia maya berasa kaya udah ga senyaman dulu lagi. Padahal saya dan Nyanya belom pernah ngerasain dikomenin aneh-aneh atau apapun yang menyangkut tajamnya jempol netijen. Tapi gatau kenapa, kaya ga nyaman aja gitu. Standarlah, setiap ada keramaian yang terasa agak asing, saya sama Nyanya seringnya memilih untuk melipir.

Karena alasan itulah, akhirnya kita lebih nyaman ngumpet dibalik Instagram Story aja, posting hal-hal ringan seadanya. Lebih simpel, effortless, ga ada beban. Tapi trus balik lagi yang tadi, kangen nulis-nulis. Toh selama ini yang kita tulis di sini ga pernah yang aneh-aneh. Lagian siapa juga sih yang baca blog ini yakan.

Satu hal lagi yang bikin kita yakin untuk balik ngeblog lagi adalah, ya lagi-lagi jamannya berubah, LAGI. Seengganya berubah dalam lingkungan kehidupan kita sendiri sih. Dulu dari era yang serba ribet dan lambat berubah jadi serba instan dan cepet. Sekarang setelah semuanya serba instan dan satset, kok jadi kaya ga napas yaa? Segala yang dikerjain, dimakan, diminum, kaya lewat-lewat aja gitu ga berasa apa-apa. Makanya sekarang pengen apa-apa lebih berasa. Lebih mindful kalo istilah di buku-buku. Sesimpel kalo mau minum air anget, airnya dimasukin ketel trus direbus dulu, bukan yang tinggal kucurin dari dispenser. Trus kalo mau makan, cek-cek lagi yang dimakan itu apa, sumbernya dari mana, manfaatnya buat badan apa, bukan yang asal mangap enak di lidah kenyang di perut aja.

Ngeblog ini adalah salah satu kebiasaan lama yang pengen kita balikin lagi. Karena pada dasarnya ngeblog itu kan sama dengan journaling. Silakan googling deh manfaat journaling untuk kesehatan mental, mengatasi stres, anxiety, depresi nganu-nganu. Kemaren juga sempet baca berita sekilas, katanya pemerintah Swiss kembali mendorong anak-anak sekolah di sana untuk belajar pake buku cetak dan menulis dengan tangan. Orang-orang di Belanda atau di Skandinavia malah udah dari lama meninggalkan kendaraan bermotor dan balik lagi ke sepeda. Nah hal-hal semacam itulah yang sejak beberapa waktu terakhir pengen kita biasain. LAGI.

Yaudyn. Akhirnya beberapa minggu lalu mulailah berbenah blog yang kemudian berujung hijrah ke WordPress.com. Sebuah aksi yang sungguh berlebihan untuk ukuran seorang blogger pensiun ahahah. Tapi gapapa, justru emang harus lebay, biar jadi motivasi yakan. Biar malu sama WordPress kalo ga konsisten. Sejauh ini udah ada beberapa draft sih yang mau ditulis, bismillah semoga istiqomah yaa? Iyaaa… aja duluuu :))

7 responses to “Hello (Again) World!”

  1. Nah nahhh… nah, kan jadi blogwalking kan… (istilahnya ikutan purba).

    1. Yuuukk hahaha

  2. Wihihihi ✨ Terima kasih udah berbagi tulisan dan cerita, Ing!

  3. HOREEEEE!!

  4. Horeeee ikutan blogwalking setelah sekian lama.

  5. Hai mas/mba/dek/kak makasih yaa dah nulis ini wkkwkw. Maksudnya dah ngeblog lagi. Akhirnya blogwalking lagi setelah sekian lama. Wkwkwkw

  6. Gatau kenapa berasa happy bgt nemu tulisan ini dengan segala ceritanya yang ngalir bangettt sumpaaaah. Dan…wow 17 tahun is very long timeeeeee. 17 taun yang lalu aku baru aja masuk SMP, dan saat itu juga mulai dikit2 ngenal blogspot. Mungkin kalau blog2 lamaku masih hidup sekarang usianya udah belasan tahun juga. Sayangnya skrg udah almarhumah karena lupa password, email, dll. 🤣

Leave a Reply

Discover more from The Babybirds Family

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading