Rinjani’s 5th Birthday Trip Day 7 : Last Day in Penang

Hari terakhir di Penang. Hari ini ga ada agenda apa-apa kecuali cuss pulang ke Bandung. Berhubung ga ada direct flight Penang-Bandung, jadi perjalanannya harus dua kali, Penang-KL dulu siangnya, trus malemnya baru KL-Bandung. Makanya hari terakhir ini bakalan penuh dengan perjalanan pulang aja seharian. Sebenernya ada sih Air Asia Penang-Bandung, tapi tetep aja transit di KL. Dan transitnya lamaaaa berjam-jam. Mendingan kita beli satu-satu aja, PEN-KUL, trus KUL-BDO. Jadinya bisa milih jamnya yang ngepas, ga pake nunggu lama. Agak repot keluar masuk bagasi sih tapi ga apa-apa cuman satu koper doang.

Pagi itu kita sengaja cuman ke supermarket yang ada bakery-nya aja, beli roti-rotian buat sarapan sekalian belanja bekal buat di perjalanan. Soalnya pengennya pagi ini ada kesempatan ngobrol sama Faye dan Chris sambil menikmati suasana Dou Houz untuk yang terakhir kalinya.

Seperti yang udah diceritain sebelomnya, penginapan ini dikelola sama pasangan Faye dan Chris. Selain menyewakan kamar-kamar, tadinya di bagian depan itu ada kafenya. Tapi sayang karena kekurangan SDM, kafenya terpaksa tutup. Soalnya mereka itu beneran cuman berdua doang ga ada yang bantuin.

Tempatnya nyaman dan bersih. Kalo liat foto-fotonya di airbnb.com, ya seperti itulah aslinya. Kita udah buktiin sendiri. Silakan bandingin sama foto-foto yang kita jepret sendiri. Faye & Chris ini kayanya taste-nya bagus banget. Tata letak dan dekorasi tempatnya keren banget. Pernak-pernik dan interiornya ga asal Pinterest-pinterest belaka kaya kebanyakan kafe masa kini, tapi emang berasa banget kalo itu tuh cerminan dari taste yang punya. Pokoknya buat yang satu selera sama kita, tempat ini recommended banget deh.

Abis foto-foto sekalian pamitan sama Faye, kita langsung berangkat ke bandara. Flight kita sebenernya jam 2 siang, tapi menurut Faye perjalanan ke bandara itu lumayan jauh, dan kalo mau naik bis, harus buru-buru karena bis itu kan banyak berhentinya buat naikin dan nurunin penumpang di tiap halte. Tapi berhubung di Komtar bisnya ga dateng-dateng dan seperti biasa kita semua parnoan kalo urusan berangkat-berangkatan, jadi yaudah langsung cegat taksi aja.

Supir taksinya bapak-bapak yang keliatannya udah tua banget gitu. Kaya tokoh kartun di film-film Mickey Mouse, hihih. Lucu banget, kulit mukanya udah keriput semua, pipinya jatoh, dan matanya cuman kebuka sedikiit banget. Tapi alhamdulillah perjalanan lancar. Sejam lebih sedikit nyampe bandara. Masih nyantai buat check-in, ngurusin bagasi, dan lain-lain.

Jam 3 sore kita udah landing di KLIA2. Sementara flight ke Bandungnya masih jam 7.45 sore. Selama menunggu itu kita kerjaannya cuman makan dan makan lagi. Jadi ada satu cafe namanya Old House or something lah, saya lupa. Kita nongkrong di sana mulai dari makan berat, makan agak berat, makanan ringan, dessert, cemilan, semuanya dipesen sampe kenyang bego. Abis itu muter-muter dikit liat-liat, belanja-belanja, trus lanjut check-in.

Rinjani's 5th Birthday Trip 2015

Pas mau boarding, terjadilah drama yang bikin darah saya terbang ngeduluin pesawatnya. Jadi sekitar 30 menit dari boarding time, pas udah ngelewatin semua x-ray scanner, tinggal melenggang aja ke ruang boarding, saya baru nyadar, tas pinggang yang selalu saya kalungin di badan udah ga ada doonggg. Itu tuh isinya paspor kita bertiga, dompet, pokoknya barang-barang penting yang paling ga boleh ilang. Dhuennggg. Mau mati rasanya. Kalo dicopet kan ga mungkin. Ketinggalan di tempat makan juga ga mungkin, karena tas itu ga pernah saya lepas sama sekali. Satu-satunya kemungkinan tas itu lepas dari badan saya cuman… x-ray scanner. Itu ya, saya lari balik lagi ke tempat x-ray scanner terakhir yang kita lewatin udah kaya marathoner Kenyan kayanya. Mana tempatnya jauh banget lagi. Sekilo ada kayanya. Yang bikin makin nyessss, abis lari melintasi bandara bagaikan Cinta AADC, pas nyampe di sana petugas x-ray scanner-nya ga ada yang ngeh kalo ada tas ketinggalan. Mereka malah nanya, yakin ga kalo tadi lewat sini? Soalnya ada beberapa x-ray scanners. Zzzzzz. Ditanya begitu saya yang tadinya yakin banget lewat situ, malah jadi ragu-ragu kan, ah.

Setelah sekitar 10 menit nanyain semua petugas di semua x-ray scanner yang berjejer itu satu-persatu, dan mulai putus asa, tiba-tiba kedengeran suara di P.A; “kepada Cik Almaviva harap segera datang ke meja information blablabla…” saya ga terlalu konsen buat nginget persis kalimatnya. Apalagi pengumumannya pake bahasa melayu. Yang jelas begitu ada nama istri saya itu disebut, saya langsung teriak kaya orang bego, “NAH! ITU SAYA! ITU NAMA ISTRI SAYAA! MUNGKIN ITU PASPOR SAYA YANG HILANG!!”

AHAHAHHAHA. Kesel.

Yaudah, akhirnya petugas nunjukin meja informasi yang dimaksud, dan bener aja, tas saya udah ada di sana. Fiyyuuhh.

Tapi deg-degannya masih bersisa sedikit. Jarak saya dan boarding room-nya kan lumayan jauh, sementara waktunya udah mepet. Jadi yaudah, ngibrit lagi seada-adanya kaya cheetah mau beranak balik ke boarding room.

Jam 7.45 teng pesawatnya berangkat, dan mendarat sesuai jadwal di Bandung jam 9 waktu setempat. Dateng-dateng langsung disambut sama hujan. Tadinya seperti biasa kita mau jalan kaki aja keluar dari area bandara karena dalam rangka memboikot taksi bandara Bandung yang nyebelin. Tapi gara-gara ujan dan kasian Rinjani, jadi ya udah deh ngalah. Untung supir taksinya baik.

Daaaann Rinjani’s Birthday Trip pun selesai. Banyak pengalaman baru, dan banyak pelajaran baru juga. Salah satunya adalah, bahwa seharusnya KL dan Penang itu ga bisa digabung dalam satu trip yang cuman 7 hari. Harusnya 7 hari itu untuk satu kota aja, KL aja, atau Penang aja. Karena banyak banget yang masih bisa dieksplorasi dari kota ini. Tapi ya ga apa-apa, itu bisa jadi alesan buat balik lagi, suatu saat nanti.

Makasih KL, makasih Penang. Makasih, Malaysia. Sampai ketemu lagi ya?

Foto-foto Rinjani’s 5th Birthday Trip Day 7 selengkapnya bisa dilihat di sini.

2 responses to “Rinjani’s 5th Birthday Trip Day 7 : Last Day in Penang”

1. Aku entah kenapa PALING SUKA foto yang pot-pot beserta taneman-tanemannya itu. Pengen banget punya taneman seperti itu, tapi ga pernah bisa 😐 Nanam herbs aja gagal total di sini soalnya kekurangan sinar matahari pagi 🙁 Terang sih, jendela gede-gede, tapi karena ngadep ke barat jadi jarang dapet sinar matahari pagi — sekalinya ada matahari ya mentereng XD

Kalian ini kalo bepergian emang pasti ada aja ya ceritanya XD Dari drama “HAH, PASPOR GUE ILANG” oleh Booi di rumah sampe ini kejadian lagi di airport XD Tapi itu yang emang bikin seru dan banyak cerita ya, hahaha.