Tahura 10K Trail Running Race 2013

IMG_3303

Race pertama saya, akhirnya. Setelah dua kali race kmaren, SCHM 2012 sama Alam Sutra saya cuman nemenin Melon jadi cheerleaders-nya Nyanya, akhirnya race yang ini saya bisa ikutan, karena diadainnya di Bandung. Jadi Melon bisa ditinggal di rumah. Hore! Sotoy banget ga sih kita, runner newbie tapi udah sok-sokan ikut race sana-sini. Tapi ya ga apa-apa kan? Eh, ga apa-apa ngga?

Namanya Tahura 10K Trail Running Race. Race ini diadain dalam rangka ulang tahun Taman Hutan Raya (Tahura) Djuanda, Dago Pakar. Ngga secanggih race-race yang pernah diikutin Nyanya sih, ga ada medal, ga pake chiptime blablabla. Tapi sesuai namanya, it’s a trail run! Jadi selain race pertama, ini juga pengalaman trail run pertama saya. Pengalaman pertama buat Nyanya juga, buat Booi juga. Dan katanya, ini emang Trail Run Race pertama yang pernah diadain. How awesome is that!

Padahal tadinya kita ga ada rencana ikutan tuh. Selain ga punya pengalaman trail run, kita ngerasa jiper aja ngebayangin tracknya yang naik turun gunung. Kalo anak Indorunners yang lain kan pada rajin trail run hampir tiap minggu. Tapi trus entah gimana ceritanya, Jumat kmaren, dua hari sebelom acara, Nyanya ngajakin ikutan. Katanya kalo mau, ada banyak yang batal ikutan, jadi ada nomer registrasi orang lain yang bisa kita ambil. Yaudahlah, seperti biasa, impulsif. Dan seperti biasa juga, kita nyetanin Booi ikut, trus dia samimawon kan impulsifnya. Trus dia ngajak Anggie juga, eeaaaa rame geng ambrol horeeeee :))))

So how was the race? Alhamdulillah ambrol asliiii. Begitu start, langsung disuguhin tanjakan asoy banget. Jiper at the first kilometer ini mah. Padahal itu masih paving block yang rata loh, belom masuk hutan. Kilometer berikutnya, nanjaknya mah tetep, tapi tracknya udah ga karuan bentuknya. Mulai masuk ke daerah pebukitan gitu, mulai dari jalan setapak berbatu-batu sampe jalan tanah yang udah beneran ga mungkin dipake lari.

Dari kilometer 2 sampe sekitar kilometer 5 gitu, saya berduaan aja sama Gamma. Bukan urusan pacer-pacer-an ini mah, emang ga kuat nyalip aja. Nyanya ngebut jauuuh di depan (keseul!), trus Booi sama Anggi di belakang. Beneran ya ini bagian paling berat, saya udah mo nyerah. Pengen pulang trus nangis sambil selimutan aja rasanya. Untungnya, walopun berat, rutenya seru banget, Instagram material dimana-mana ahahah. Jadi daripada ambrol beneran, mending saya foto-foto aje yang banyak.

Tapi setelah ngelewatin Warung Bandrek, jalanan mulai menurun. Kata Gamma Warban ini emang puncaknya. Okeeh, dari sini tracknya mulai enak buat lari-larian. Nurunin bukit gitu, lumayan terjal, licin berlumpur, dan banyak akar pohon. Tapi justru seru, berasa balik ke masa kecil waktu di kampung ini mah, woohoooo!

Gara-gara keasikan loncat sana-sini nurunin bukit, sampe ga nyadar Gamma saya tinggalin hihih. Sekalian aja nyusulin Nyanya. Taunya doi ga jauh di depan. Yaudah sisa 4 km berikutnya sampe finish bareng Nyanya. Baru di sisa 4 km ini nih baru berasa fun dan enjoy banget larinya. Padahal tracknya masih naik turun tuh. Apalagi pas beberapa ratus meter menjelang finish, ada tanjakan tangganya tinggi banget sodara-sodaraaaaa! Mati abang.

Aand we made it to the finish line! Menurut Nikeplus, jarak yang kita tempuh adalah 10.8K, dan waktu tempuh saya 1 jam 45 menit. Ternyata lumayan juga loh, catatan waktunya cuman beda sekitar 15 menit dari yang biasa kita lari 10K di ITB. Padahal perasaan tadi banyak jalan sama foto-fotonya. Sempet ngantri foto segala malah di Goa Belanda ahahah. Berarti kita canggih dong? Engga, berarti pas di ITB kita larinya leleeeeettttt banget hauehuaheahh.

Tapi walopun berasa ambrol, tenyata seru juga ya trail run. Apalagi karena di bukit Dago, jadi viewnya bagus banget. Udah gitu karena ramean sama geng Indorunners, jadi berasa makin seru aja, rusuh banget banyakan ketawa sama poto-poto 😀

Abis dari Tahura, rusuhnya pindah ke Legoh. Anak-anak Indorunners pada ngumpul semua makan bareng, ngobrol, foto, ketawa sampe ambrol lagi. Abis itu baru pulang. Capek gilak, tapi seneng. Thank you everyone for the awesome experience ihiiy!

Eiya special thanks buat Ryan sama Kak Arie, yang udah repot-repot bantuin kita dapetin nomer registrasi dan bib. Thank you, both of you 😀

Di bawah ini sebagian foto-fotonya. Foto selengkapnya ada di Flickr, atau di Facebooknya Indorunners. Sampe ketemu di race berikutnya ya?

Tahura Race 2013

Sebelom race, muke masih kaya bantal

Tahura Race 2013

brooo ini kilometer pertama broo nanjaknya udah beginiiii! Eh itu ada artis…

Tahura Race 2013

Mulai masuk hutan

Tahura Race 2013

kok muka saya aneh ya?

Tahura Race 2013

ini bocah dari start sampe kilometer 5 ngilang di depan sendirian

Tahura Race 2013

HAAN…HAAANN… HAAAAAANNNNN…….. SIPPPPP!!!!!

Tahura Race 2013

 agak-agak berasa pulang kampung ga sih tracknya?

Tahura Race 2013

menjelang finish dikasih beginian, rasanya %^*@!^#*&@!^%#$^@$

Tahura Race 2013

 we made it!

Tahura Race 2013

tim tuan rumah, Indorunners BDG (photo courtesy of Risayogi)

Tahura Race 2013

we ran like animals in the mountain, now let’s eat like animals, too (laper bangeeuut, maksutnya)

8 responses to “Tahura 10K Trail Running Race 2013”

  1. iiihhh, bikin sirik bacanya! pengen ikutan! seru banget sih… tempatnya sadis tapi ya. itu tanjakan banyak benerrr…

    1. kemaren kita juga ngebahas, kalo thalia diajakin ke sini pasti hepi. Seru Thal! Tapi tanjakannya ga kukuuuuu.. Hosh hosh hosh..

      1. taun depan ada lagi ga ya? kalo iya, kayaknya mesti schedule trip ke bandung nih… 😀

      2. YUUUUK! Semoga taun depan ada lagi nih!

  2. Kenapaa..kenapa gw ditinggalkan di hutan pinus, ing… drama . Eh seruuu banget ya! Nyanya keren, bs stabil ngibrits di depan ga bisa2 kesalip, hosh. Ing juga cenggi, first race langsung trail 10K. Wihiiiw… 😀

    1. ahahahah karena engkau adalah penghuni hutan pinus gammaaa ;))
      iya seru banget! tar ikut lagi ya gam, taun 2014 :))))

  3. waaa seru banget tampaknya … semoga tahun depan bisa ikutann … haha mau ikutan TNR aja belum 😀

    1. yuk, Bis! Ikutan yuk TNR. Hari ini dateng dooooong 😀

Leave a Reply

Discover more from The Babybirds Family

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading