Pardon My Taste, But..

Tadi pagi-pagi buta, saya kebangun gara-gara Song 2 nya Blur. Nyanya nyetel iPod (yang tersambung ke sound system) di ruang tengah. Ga kenceng sih, cuman kaget aja, memori di otak yang masih setengah sadar mendadak kusut trus balik ke jaman SMP, bangun-bangun kaget belom ngerjain PR ahahah. Sebenernya udah dari tadi malem tuh kita dengerin Blur dari album pertama sampe khatam. Gara-gara Nyanya juga tuh tadi malem, dia lagi nenenin Melon sambil YouTube-ing lagu-lagu Blur yang di cover orang-orang, ujung-ujungnya kita jadi pengen dengerin aslinya.

Padahal ya, kalo diitung-itung, beda umur saya sama Nyanya kan 5 th ya, harusnya waktu jaman saya dengerin Blur dulu, dia tuh lagi dengerin Eno Lerian. Atau Si Lumba-lumba Bondan Prakoso. Kenyataannya, dia dengerin Blur. Weezer. Nirvana (!). Kenapa anak ini 90an banget ya? Kalo saya menggilai musik 90an kan wajar. Emang jaman saya. Lah dia?

Sebenernya kalo dibilang aneh ga juga sih. Kita sama-sama korban MTV. Kebetulan aja Nyanya bandel, nonton MTV-nya dari SD. Eh bukan korban MTV deng, korban antena parabola, ahahah. Paling seru dah kalo udah ngobrolin kenangan nonton tv masa kecil sama Nyanya. Ada yang inget ga, dulu kalo pake antena parabola, di channel tv lokal Filipina ada acara yang mirip banget Dahsyat atau Inbox gitu (sebenernya nyontek TRL nya MTV sih) lengkap dengan alay-alay yang joget-joget mengelilingi panggung, ahahah. (Btw, ini juga alesannya kenapa saya dan Nyanya jarang banget nonton tv skarang. Bukannya ga suka, bosen, dulu kecilnya nonton tv mulu :p)

Tapi sekompak-kompaknya kita dalam urusan musik 90an, kalo soal selera, banyak juga ga kompaknya. Malah kalo dipikir-pikir, banyakan ga kompaknya deh. Ga cuman urusan musik, tapi urusan segala macem. Nyanya pemakan sayur, saya benci sayur. Nyanya pencinta segala jenis ikan, saya punya trauma makan ikan. Nyanya suka nyoba makan aneh-aneh, pemakan segala, Japanese food yang mentah-mentah lah, sea food lah. Saya boro-boro makan aneh-aneh, makan apel aja kulitnya musti dikupas, makan jeruk cuman diisep sarinya doang, ampas jeruknya dilepeh. Nyanya grasak grusuk, saya males-malesan. Nyanya musti eye contact, saya paling ga suka ngeliat muka orang. Nyanya ngemeng mulu ga bisa diem, saya lebih suka ngelamun. Bisa penuh ini blog kalo nyebutin semua ketidakcocokan kita.

Saya adalah orang yang selalu kagum sama orang yang punya pendirian yang kuat dalam segala hal, termasuk soal selera. Nyanya adalah salah satu orang yang kaya gitu. Nyanya suka plin plan, suka bilang “terserah” (sama kaya saya juga), suka gampang terpengaruh, tapi kalo udah suka sesuatu, mo ujan badai petir halilintar juga dia tetep suka. Contoh gampangnya ya pas nonton Linkin Park kmaren. Saya kan ga suka Linkin Park, sementara dia suka banget (aneh ya?). Jadi dia ngotot pengen nonton, soalnya konser pertama LP di Indonesia dulu dia ga sempet nonton. Tadinya dia malah mo maksa ngajakin Themma, tapi berhubung Themma mo nonton Bad Religion juga, ga jadi deh.

“Padahal kalo aku rayu-rayu pasti mau tuh si Themma nemenin aku nonton, tapi kasian dia..”

Hihih.

Sering sih, kita cela-celaan apa yang kita suka.

“ih apaan tuh <nama band yang saya suka>, jelek gitu.”

“ih bagus tauuuu! Kamunya aja seleranya dangdut.”

“Jeleekk, bagusan <nama band yang dia suka> kemana-mana lah.”

Atau sering juga saling meng-influence. Misalnya, saya baru dengerin band apa gitu atau baru nyobain makanan apa, trus saya kasih tau Nyanya, trus dia suka. Atau sebaliknya. Tapi yang ga pernah terjadi adalah, Nyanya latah ikut-ikutan suka sesuatu cuman gara-gara saya suka. No way. Nehi. Never. Nada. Nyanya gitu, gengsi bangeeeut ikut-ikutan orang, even suami sendiri ahahah. Yang ada juga kadang dia suka sesuatu gara-gara saya, tapi ngotot ga mau ngakuin :p

Makanya saya dan Nyanya suka aneh, kok ada ya orang yang malah sukanya ikut-ikutan sama selera orang lain? Kita mah malu loh. Males banget dibilang ikut-ikutan Nyanya. Apa kita yang aneh ya? hihihih.

Kalo menurut kita, pasangan atau temen yang punya too many things in common itu boring. Apa-apa sama. Apa-apa kompak. Jadinya ga ada kesempatan mencoba hal baru. Dan yang paling membosankan, ga bisa cela-celaan atau saing-saingan ahahah. But it’s fun.

Saya jadi inget, dulu saya pernah ngetweet, “you don’t have to like what i like, and hate what i hate, in order to become my friends.”

Kalo semuanya udah sama, kan ga seru, tiap ketemu yang diobrolin itu lagi itu lagi. Tiap ketemu, bajunya sama, berasa ngaca. Atau misalnya nih, kita punya temen yang satu selera, trus isi kamarnya sama percis sama kamar kita, poster-posternya sama, layoutnya sama, meja kursi kasur selimut sama. Tar pas lagi bosen di kamar trus kita maen ke kamarnya dia buat nyari suasana baru, eh malah berasa di kamar sendiri. Yaudah mending di kamar sendiri aja kalo gitu mah.

Basi sebasi-basinya, tapi bener sebener-benernya juga. Be yourself, and you’ll be less boring. Ya ga sih?

One response to “Pardon My Taste, But..”

  1. iya banget! be yourself! gue banget tambah ngefans sama keluarga burung

Leave a Reply

Discover more from The Babybirds Family

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading